Kaji Ulang Konstruksi Lambung Kapal Ikan 30GT

Kebijakan pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk meningkatkan kualitas armada perikanan kapal nasional dilakukan dengan pemberian hibah kapal ikan kepada kelompok nelayan. Dalam perkembangannya, program yang dimulai pada tahun 2010 ini menghadapi berbagai kendala. Salah satu kendala yang dihadapi adalah tingkat penerimaan nelayan terhadap teknologi yang digunakan, yaitu penggunaan material fibre-reinforced plastic (FRP). Penelitian ini akan mengkaji ulang spesifikasi kapal ikan Inka Mina 30GT berbahan FRP, terutama mengenai segi konstruksi lambungnya, mengingat aturan klasifikasi untuk kapal berbahan FRP baru diterbitkan oleh Biro Klasifikasi Indonesia pada tahun 2015.

Lingkup penelitian mencakup konstruksi keel, side shell, bottom shell, superstructure, deck dan bulkhead. Kajian diawali dengan perhitungan beban operasional terhadap lambung kapal, diantaranya beban lunas, beban sisi dan beban geladak. Besaran beban ini kemudian dijadikan dasar dalam menentukan tebal lapisan pada setiap member konstruksi. Dari luaran yang dihasilkan diperoleh data mengenai tebal minimal lapisan untuk setiap konstruksi, yaitu keel 16.54 mm, side shell 7.18 mm, bottom shell 9.22 mm, superstructure 5 mm, deck 6.22 mm dan bulkhead 6.79 mm. Terjadi deviasi antara hasil perhitungan dengan spesifikasi kapal ikan Inka Mina 30GT yang telah dibangun, berkisar 6.5% sampai 54.38%. Studi lebih lanjut mengenai analisa kekuatan konstruksi lambung diperlukan untuk menjamin kemampuan strukturnya.

Structural Analysis of Cradle Construction

This present paper gives the analytical overview of stress and fatigue behaviors for cradle construction. The main objective of this research is to analyze the static and fatigue characteristics of cradle construction under designed maximum working load. The static characteristics studied here are equivalent stress and total deformation, while the fatigue characteristics are safety factor and estimated structural life. The finite element method is used to analyze both characteristics. The cradle construction is modeled as solid beam element. The maximum working load used is modeled as two concentrated loads and the support type used is cylindrical type. Results show that all characteristics comply with the standard requirements, especially for yield requirement and deformation. However, due to small value difference of safety factor, it is advisable to reduce the maximum working load.

Download Paper

 

Facebook Comments