Safety Tips for daily life

Electrical Safety

– Hindari kondisi basah, kondisi basah selalu meningkatkan resiko cedera akibat listrik

– Pastikan modifikasi atau perbaikan instalasi listrik di rumah anda dilakukan oleh orang yang kompeten dan mengerti keselamatan kelistrikan. Penggantian kabel dengan ukuran yang lebih kecil misalnya, dapat mengakibatkan overload pada kabel (panas, terbakar) tanpa menyebabkan MCB atau sekring trip (“njegleg”).

– Pasang ELCB (earth leakage circuit breaker) di rumah anda, bila ada yang tersengat listrik insyaAlloh listrik otomatis akan padam/trip.ELCB mendeteksi arus bocor, selain mendeteksi arus yg bocor melalui manusia (kesetrum),dapat juga mencegah kebakaran. InsyaAlloh. Untuk tau lebih dalam bisa coba link ini

– Tindakan darurat saat terjadi sengatan listrik. Pastikan korban sudah terlepas dari sengatan listrik (sebaiknya anda tau lokasi saklar atau pengaman/MCB di area kerja anda). Bila korban idak sadar, hilang nafas atau denyut, segera lakukan CPR/RJP (Resusitasi Jantung Paru), sambil memanggil bantuan medis. Karena henti jantung umumnya hanya dapat bertahan beberapa menit saja. Bila korban dalam kondisi sadar, walaupun luka luar tidak tampak berbahaya, kondisi dalam tubuh bisa jadi lebih parah dari kelihatannya. Pastikan cukup istirahat, bila perlu dilakukan observasi medis lebih jauh.

Maritime Safety

– setiap menaiki kapal laut pastikan anda tau lokasi life jacket, bisa berenang tidak terlalu bermanfaat saat kita sudah terombang-ambing di laut (na’udzubillahi min dzalik)

– pastikan pula anda tau lokasi muster station (assembly point), banyak orang panik cenderung berlari kebawah, namun umumnya muster station berada diatas, dimana lifeboat/sekoci dan liferaft dilaunching.

Facebook Comments

Leave a Reply

Name *
Email *
Website