Tips menuju Proposal Tugas Akhir/ Final Project

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering muncul dikalangan mahasiswa yang mulai memikirkan proposal TA, ya jawaban ini terus terang tidak berdasar kajian ilmiah apapun and I using simple words to answer it…hehe.. hanya saya kira berdasarkan pengalaman menjadi penguji proposal TA selama lebih dari 13 tahun, I think for now it works..

 

Proposal TA seperti apa yang biasanya dinyatakan lolos sidang?

Secara umum 2 hal penting adalah urgensi dan bobot yang sesuai

  1. Urgensinya jelas, mudahnya ya Tugas Akhir ini harus bisa bermanfaat, bukan sesuatu yang cuma bikin mbulet tapi ndak ada manfaatnya.
  2. Bobot yang sesuai , kalau anda kira2 ya.. ini bukan skala tugas yang 2 minggu sudah selesai

Satu lagi yang juga signifikan adalah kemampuan anda menyampaikan ide proposal, dan kemampuan anda menjelaskan metode pelaksanaan tugas akhir anda.

So.. Sebetulnya membuat proposal yang baik bisa dikatakan anda sudah menyelesaikan sekitar 40% dari seluruh tugas, karena mudahnya kira2 walaupun yang anda tulis hanya bab 1-3 ,sebenarnya anda sudah tau perkiraan isi sub bab di bab 4 anda nanti apa? mengerjakannya mengacu kemana? Kalau sudah bisa begini insyaAlloh loloss…

 

Seberapa tinggi kah seharusnya tingkat kesulitan sebuat TA?

Sebetulnya Tugas Akhir untuk skala D4/S1 ya mengaplikasikan ilmu sudah cukup, misalnya ada sebuah teori, anda coba aplikasikan pada hal/area tertentu sudah cukup. Masalah nanti anda ingin lebih tinggi dengan inovasi ya alhamdulillah…

 

Bagaimana bisa dapat ide TA?

Yang jelas semakin banyak anda membaca, berfikir , insyaAlloh pasti ada ide. Bisa saat kuliah, bisa dengan banyak baca Tugas akhir, majalah, browsing. Bisa anda mulai dari hal yang selama perkuliahan termasuk sesuatu yang anda minati. Tentunya jangan terbatas dengan keyword berbahasa indonesia saja ya ..

 

Tips khusus: Manfaatkan momen PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) untuk digunakan sebagai kesempatan memikirkan ide TA lebih lama dan tentunya sumber dana pelaksaaan TA, jadi bisa disiapkan ide andalan anda mulai sekarang. Dan diajukan sesuai tahun pelaksanaan TA.

 

Teknis penulisan: Optimalkan penggunaan microsoft Word, khususnya untuk daftar isi (table of content), Daftar pustaka (bibliography ) termasuk sitasi/citation nya, Daftar Gambar/daftar tabel. Jadi anda tidak menghabiskan waktu untuk menyelesaikan/memperbaharui bagian ini karena Word sudah menyediakan fasilitas yang sayang bila anda sia-siakan. Tips sederhana ini dapat anda baca disini.

 

 Satu tips akhir… Rahasia sukses hanya 2, bekerja cerdas sekuat-kuatnya dan  berdoa sebanyak-banyaknya 🙂
 Semoga sukses berkah 🙂
Facebook Comments

One thought on “Tips menuju Proposal Tugas Akhir/ Final Project

  1. SAMSUDIN June 1, 2019 at 11:49 pm

    Artikel yang sangat bagus …
    Ulasan informasi yang disampaikan sangat bermanfaat …
    Terimakasih informasinya min …
    Ditunggu artikel selanjutnya …
    Salam kenal …

Leave a Reply

Name *
Email *
Website