by

Iis Turyanto, Niat Tulus Rakyat Biasa yang Menginspirasi

hariannusantara.com
Iis Turyanto Bersalaman dengan Presiden Jokowi Sumber Foto Agus Suparto Fotografer Istana Kepresidenan

Beberapa waktu lalu, saya menyempatkan diri untuk menyapa admin Info Seputar Presiden melalui jejaring media sosial. Seperti kebanyakan FP lainnya saya beranggapan bahwa ISP pasti hanya sekedar FP yang digunakan untuk berdagang nantinya, atau FP yang dikendalikan dari dalam istana dan nantinya tidak akan ada tanggapan yang berarti ketika sekedar menyapa atau mengajaknya berbicara.

Pendapat saya salah, saya harus mengakui bahwa tidak semua orang memiliki hal yang sama untuk di asumsikan demikian. Meskipun presentasi itu sangat kecil, saya percaya suatu saat pasti akan lebih banyak orang – orang seperti beliau membalas sapaan ditengah kesibukan dan tetap ramah.

Saya membayangkan bahwa admin ISP berada dalam lingkaran Istana Negara dan bisa update kapanpun dengan bahasan dan tulisan yang sistematis serta informatif terkait aktifitas presiden bukan hanya proses (awal) seremonial pembangunan, namun juga progress dan hasil akhir.

Namun asumsi saya lagi – lagi salah, seorang pekerja di rumah makan sederhana tidak menggunakan pakaian rapi berdasi dengan sepatu yang klimis. Dengan pakaian sopan sewajarnya ditengah kesibukannya melayani pembeli di rumah makan Iis Turyanto mampu mengelola FP ISP dengan sempurna.

Luar biasa, saya tidak bisa membayangkan jika saya harus berada dalam posisi beliau, bagaimana mengelola waktu dengan keluarga, pekerjaan dan aktifitas mengelola FP untuk sekedar berbagi informasi.

Namun kebaikan akan selalu mendapat perhatian meskipun kita tidak tau kapan waktunya.

Sampai suatu saat saya melihat sebuah postingan bahwa beliau (Iis Turyanto) bersalaman dengan Presiden, ini menakjubkan, seorang yang tidak pernah dianggap istimewa dan mendapat perhatian bagi kebanyakan orang, mendapatkan perhatian istimewa dengan jamuan makan dan kunjungan ke istana Presiden.

Menurutnya dalam pembicaraan tersebut dirinya seperti terbangun dengan mimpi dan masih dalam keadaan bermimpi. Baginya bertemu Presiden adalah mimpi buat orang sepertinya tapi tidak ketika Jokowi menjadi Presiden, Mimpi itu menjadi kenyataan.

Iis Turyanto Mimpi Yang Jadi Kenyataan

Hal ini seperti menampar saya bahwa kebaikan akan mendatangkan kebaikan meskipun tidak semuanya menganggap kebaikan yang kita kerjakan adalah tetap kebaikan. Setia terhadap perkara kecil sehingga nanti akan dipercaya dengan perkara yang besar.

Hal ini tidak mengubah sikapnya untuk tetap ramah dan sederhana membalas sapa dan percakapan panjang ditengah tengah kesibukannya bekerja dan menjaga keluarga.

Bahkan untuk berbagi informasi dirinya tak segan menyisihkan persediaan untuk kebutuhan lainnya yang mungkin bisa digunakan keluarga untuk digunakannya berjuang sebagai pahlawan informasi bagi masyarakat yang hanya memiliki akses informasi Pemerintahan dan Pembangunan melalui sosial media.

Tak jarang, dari FP tersebut juga menyampaikan keluhan TKI dan TKW sebagai pejuang Devisa yang seringnya tidak menjadi perhatian pemerintah dalam masalah penanganannya. Iis Turyanto dengan kerendahan hati dan niat baikknya membantu menyampaikan pemerintah  melalui FP ISP.

Kini yang dilakukannya menjadi sarana komunikasi bagi masyarakat untuk melihat aktifitas ke Presidenan serta menikmati progres pembangunan daerah demi daerah, kabupaten demi kabupaten, kota demi kota dan wilayah demi wilayah, semua disampaikannya dengan gambar dan postingan rapi dengan gaya bahasa yang sederhana dan enak untuk dicerna.

Terimakasih Mas Iis Turyanto atas percakapan via sosial media. Suatu saat saya ingin berjumpa dengan sampeyan.

Salam Hangat
Sahabatmu dari Surabaya

Ridho Pahlevi Wachid

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *