Seminar Maritim, Sains, dan Teknologi Material (MASTER) 2019

Seminar Nasional Maritim, Sains, dan Teknologi Terapan merupakan seminar Nasional Tahunan yang diselenggarakan oleh Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS). Tema Seminar MASTER 2019 kali ini adalah Marine Renewable Energy for Industry 4.0 and Society 5.0.  Seminar MASTER 2019 diisi oleh 3 keynote speaker untuk mendukung terlaksananya tema tersebut, keynote speaker tersebut yaitu:

  1. Prof. Ming-Jyh Chern (NTUST-Taiwan), Guru Besar Bidang Fluid Structure Interaction
  2. Prof. Semin, ST., MT., Ph.D., C.Eng (ITS, Surabaya), Guru Besar Bidan Energi Terbarukan & Mesin Perkapalan
  3. Ricky Elson, Teknokrat Bidang Motor Penggerak Listrik
    Seminar MASTER 2019

    http://www.master.ppns.ac.id

Facebook Comments

Kimia Pengolahan Limbah

Beberapa orang menganggap bahwa kimia adalah suatu ilmu yang sulit dimengerti karena mempelajari partikel-partikel kecil yang tidak nampak: ion, atom, molekul, elektron. Hampir setiap orang tahu bahwa semua benda tersusun atas atom atau molekul. Antar atom dan antar molekul saling berikatan dengan ikatan kimia. Sifat-sifat yang ditunjukkan zat dipengaruhi oleh ikatan kimia atau struktur internal zat tersebut. Sifat-sifat zat, misalnya titik didih, massa jenis, viskositas, volatilitas, kuat tarik adalah sesuatu yang bisa diamati atau diukur. Reaktivitas zat juga dipengaruhi struktur zat, khususnya tatanan elektron dalam atomnya.

Kimia menjelaskan fenomena makro melalui perspektif mikro. Pembelajaran kimia untuk Program Studi Teknik Pengolahan Limbah difokuskan pada aplikasi konsep kimia dalam pengolahan limbah. Kimia menjadi dasar dalam sistem pengolahan limbah terutama limbah cair. Oleh karena itu, untuk mendukung penerapan konsep dasar kimia pada pengolahan limbah dilakukan juga praktikum kimia. Praktikum kimia mempelajari sifat dan fenomena zat melalui pengamatan langsung. Melalui praktikum kimia, mahasiswa juga dituntut untuk meningkatkan kecerdasan personal dan interpersonal melalui cara kerja yang disipilin, tanggung jawab, kerja sama yang kuat, dan integritas yang tinggi.

Facebook Comments