Cara Menghitung Score TOEFL

Cara Menghitung Score TOEFL

@Genius_Content
Kategori: Pengantar TOEFL
Dilihat: 388038

TOEFL Score Conversion

Saat Anda menjalani latihan tes mandiri, Anda pun bisa menghitung sendiri skor TOEFL Anda. Gunakan tabel berikut untuk mengetahui skorTOEFL Anda.

konversi nilai skor toefl
Bingung mulai dari mana belajar menguasai TOEFL?
Genius TOEFL jawabannya. Praktis dan Sistematis!

Contoh: Menghitung Skor TOEFL

cara menghitung skor toefl
Gunakan Tabel di atas untuk menghitung SkorTOEFL Anda, misalnya sebagai berikut:

contoh hasil nilai skor toefl

Dari tabel konversi di atas, kita lihat jika dikonversikan nilai terendah/minimum skor TOEFL adalah 217 apabila kita tidak mampu menjawab satu pun yang benar. Sedangkan nilai tertinggi/maksimum skor TOEFL adalah 677.

Akan tetapi, dalam tes TOEFL yang berkepentingan untuk mengukur standar tingkat atau level penguasaan bahasa Inggris yang dibutuhkan oleh suatu lembaga atau pihak-pihak tertentu yang membutuhkan sertifikat TOEFL, ada 4 tingkatan level skor yang diakui, dengan nilai minumum skor 310. Yaitu sebagai berikut.

1. 310-420 = tingkat dasar (elementary)
2. 420-480 = tingkat menengah bawah (low intermediate)
3. 480-520 = tingkat menengah atas (high intermediate)
4. 525-677 = tingkat mahir (advance)

Demikian di atas adalah cara menghitung skor TOEFL untuk format tes TOEFL PBT (paper based test), yang juga biasanya digunakan dalam tes TOEFL ITP. Sedangkan untuk format CBT dan IBT perhitungannya berbeda dengan format PBT. Untuk mengetahui perhitungan skor TOEFL IBT dan CBT, silakan baca dalam “Cara Menghitung Skor TOEFL CBT dan iBT”.

Biasanya, skor TOEFL standar yang dibutuhkan untuk tes CPNS dan kuliah pascasarjana berkisar antara poin 2 dan 3. Sedangkan, untuk kepentingan sekolah ke luar negeri dibutuhkan skor TOEFL tingkat mahir (advance), tapi ada juga yang dapat menerima skor TOEFL tingkat menengah atas. Skor yang mereka butuhkan sebagai persyaratan yang mereka buat bisa saja berubah sesuai aturan atau kebijakan mereka. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengecek ulang skor TOEFL yang mereka butuhkan.

Jika Anda menggunakan software atau aplikasi Genius TOEFL, nilai belajar dan skor TOEFL Anda akan langsung muncul sesuai perhitungan jawaban Anda berdasarkan perhitungan konversi di atas. Sebaiknya gunakan program ini sebagai media belajar untuk menguasai materi TOEFL dan kunci rahasia menjawab soal TOEFL sehingga Anda dapat mengerti dan memahami bentuk soal dan menemukan solusi menjawab soal-soal TOEFL secara tepat.

Link copypaste : http://www.geniustoefl.com/artikel-ilmu-kunci-toefl/artikel/pengantar-toefl/cara-menghitung-score-toefl

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *