Prinsip kerja Boiler

Boiler adalah utility system yang digunakan untuk mengkonversi air fasa liquid menjadi air fasa gas, saturated steam atau superheater steam yang digunakan untuk penggerak turbin atau untuk chemical process. Untuk skala kecil biasanya menggunakan tipe fire tube, sementara untuk suplai steam skala besar menggunakan tipe watertube boiler.

Pada tipe watertube boiler, feed water dipompa melewati economizer menuju steam drum. Dari SD melewati pipa down-comer menuju water drum. Dari WD melewati water wall (Tube2 boiler) kembali menuju steam drum. Ketika di water wall, terjadi pemanasan hingga mencapai 900 derajat celsius di sisi OD tube sehingga air dalam tube boiler menjadi saturated steam. Dari SD, saturated steam menuju tube superheater unit untuk berubah menjadi superheater steam. Akhirnya superheater steam ini yang akan di distribusikan ke turbin dan chemical process melalui hot insulated piping system.

Bagian internal dari boiler rawan bermasalah oleh karena terekspose pada kondisi tekanan dan temperatur yang kritis bagi proses deteriorasi material. Oleh karena itu, upaya yang konprehensif dilakukan untuk meminimize kegagalan tersebut, mulai dari alloying dan pemilihan material yg tepat sesuai dengan kondisi operasional boiler, peng’kondisian’ feed up water sebelum di proses dalam boiler, inspeksi secara rutin, cleaning secara rutin, pelapisan tube dengan material tahan korosi temperatur tinggi, QC yang ketat pada material sejak kedatangan hingga pasca pemasangan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *