Prinsip kerja Boiler

Boiler adalah utility system yang digunakan untuk mengkonversi air fasa liquid menjadi air fasa gas, saturated steam atau superheater steam yang digunakan untuk penggerak turbin atau untuk chemical process. Untuk skala kecil biasanya menggunakan tipe fire tube, sementara untuk suplai steam skala besar menggunakan tipe watertube boiler.

Pada tipe watertube boiler, feed water dipompa melewati economizer menuju steam drum. Dari SD melewati pipa down-comer menuju water drum. Dari WD melewati water wall (Tube2 boiler) kembali menuju steam drum. Ketika di water wall, terjadi pemanasan hingga mencapai 900 derajat celsius di sisi OD tube sehingga air dalam tube boiler menjadi saturated steam. Dari SD, saturated steam menuju tube superheater unit untuk berubah menjadi superheater steam. Akhirnya superheater steam ini yang akan di distribusikan ke turbin dan chemical process melalui hot insulated piping system.

Bagian dari boiler yg sering kali bermasalah adalah water wall, dimana terjadi tube leakage.

Facebook Comments

Survei sistim proteksi katodik pipeline

Existing cp system dimonitor unjuk kerjanya setiap 6 bulan sekali. Pemeriksaan mencakup :
1.cek kondisi TR rectifier
2.cek arus luaran setiap anoda
3.cek on-potensial pipa ke tanah dan instant off potential, terutama dilokasi remote area dari anoda dan area yang besar potensi terjadinya coating disbondment.
4.cek area jalur pipa yang ada potensi terjadi interferensi arus.
Untuk melakukan survei tersebut, maka diperlukan alat sbb:
1.refcel cu-cuso4
2.high impedance multimeter
3.current intrupter
4.tang ampere
5.soil resistivity meter
6.megger test
7.IF checker

Kami sudah memiliki instruksi kerja dan formulir dalam survei cp system diantarnya untuk:
1.pengukuran potensial subjected structure to soil
2.pengukuran performa TR
3.pemeriksaan kebocoran insulasi
4.pengukuran potensial dan arus dc
5.deteksi interferensi arus liar
6.deteksi kebocoran arus pada insulation flanges

Feel free to contact us if you need more discuss about your cp system.

Facebook Comments

Ma’rifat

#LAGIVIRAL

MBAH JUM

Ditulis Oleh : #Irene_Radjiman

Begitulah beliau dipanggil. Aku sempat bertemu dengannya 5 tahun yang lalu saat berlibur di Kasian Bantul Yogyakarta. Nama desanya saya lupa.

Mbah Jum seorang tuna netra yang berprofesi sebagai pedagang tempe. Setiap pagi beliau dibonceng cucunya ke pasar untuk berjualan tempe. Sesampainya dipasar tempe segera digelar. Sambil menunggu pembeli datang, disaat pedagang lain sibuk menghitung uang dan ngerumpi dengan sesama pedagang, mbah Jum selalu bersenandung sholawat. Cucunya meninggalkan mbah Jum sebentar, karena ia juga bekerja sebagai kuli panggul dipasar itu. Dua jam kemudian, cucunya datang kembali untuk mengantar simbahnya pulang kerumah. Tidak sampai 2 jam dagangan tempe mbah Jum sudah habis ludes. Mbah Jum selalu pulang paling awal dibanding pedagang lainnya. Sebelum pulang mbah Jum selalu meminta cucunya menghitung uang hasil dagangannya dulu. Bila cucunya menyebut angka lebih dari 50 ribu rupiah, mbah Jum selalu minta cucunya mampir ke masjid untuk memasukkan uang lebihnya itu ke kotak amal.

Saat kutanya : “kenapa begitu ?”

“karena kata simbah modal simbah bikin tempe Cuma 20 ribu. Harusnya simbah paling banyak dapetnya yaa 50 ribu. Kalau sampai lebih berarti itu punyanya gusti Allah, harus dikembalikan lagi. Lha rumahnya gusti Allah kan dimasjid mbak, makanya kalau dapet lebih dari 50 ribu, saya diminta simbah masukkin uang lebihnya kemasjid.”

“Lho, kalo sampai lebih dari 50 ribu, itukan hak simbah, kan artinya simbah saat itu bawa tempe lebih banyak to ?” Tanyaku lagi

“Nggak mbak. Simbah itu tiap hari bawa tempenya ga berubah-ubah jumlahnya sama.” Cucunya kembali menjelaskan padaku.
“Tapi kenapa hasil penjualan simbah bisa berbeda-beda ?” tanyaku lagi

“Begini mbak, kalau ada yang beli tempe sama simbah, karena simbah tidak bisa melihat, simbah selalu bilang, ambil sendiri kembaliannya. Tapi mereka para pembeli itu selalu bilang, uangnya pas kok mbah, ga ada kembalian. Padahal banyak dari mereka yang beli tempe 5 ribu, ngasih uang 20 ribu. Ada yang beli tempe 10 ribu ngasih uang 50 ribu. Dan mereka semua selalu bilang uangnya pas, ga ada kembalian. Pernah suatu hari simbah dapat uang 350 ribu. Yaaa 300 ribu nya saya taruh dikotak amal masjid.” Begitu penjelasan sang cucu.

Aku melongo terdiam mendengar penjelasan itu. Disaat semua orang ingin semuanya menjadi uang, bahkan kalau bisa kotorannya sendiripun disulap menjadi uang, tapi ini mbah Jum…?? Aahhh…. Logikaku yang hidup di era kemoderenan jahiliyah ini memang belum sampai.

Sampai rumah pukul 10:00 pagi beliau langsung masak untuk makan siang dan malam. Ternyata mbah Jum juga seorang tukang pijat bayi (begitulah orang dikampung itu menyebutnya). Jadi bila ada anak-anak yang dikeluhkan demam, batuk, pilek, rewel, kejang, diare, muntah-muntah dan lain-lain, biasanya orang tua mereka akan langsung mengantarkan ke rumah mbah Jum. Bahkan bukan hanya untuk pijat bayi dan anak-anak, mbah Jum juga bisa membantu pemulihan kesehatan bagi orang dewasa yang mengalami keseleo, memar, patah tulang, dan sejenisnya. Mbah Jum tidak pernah memberikan tarif untuk jasanya itu, padahal beliau bersedia diganggu 24 jam bila ada yang butuh pertolongannya. Bahkan bila ada yang memberikan imbalan untuk jasanya itu, ia selalu masukan lagi 100% ke kotak amal masjid. Ya ! 100% ! anda kaget ? sama, saya juga kaget.

Ketika aku kembali bertanya : “kenapa harus semuanya dimasukkan ke kotak amal ?”

mbah Jum memberi penjelasan sambil tersenyum :
“Kulo niki sakjane mboten pinter mijet. Nek wonten sing seger waras mergo dipijet kaleh kulo, niku sanes kulo seng ndamel seger waras, niku kersane gusti Allah. Lha dadose mbayare mboten kaleh kulo, tapi kaleh gusti Allah.” (Saya itu sebenarnya nggak pinter mijit. Kalau ada yang sembuh karena saya pijit, itu bukan karena saya, tapi karena gusti Allah. Jadi bayarnya bukan sama saya, tapi sama gusti Allah).

Lagi-lagi aku terdiam. Lurus menatap wajah keriputnya yang bersih. Ternyata manusia yang datang dari peradaban kapitalis akan terkaget-kaget saat dihadapkan oleh peradaban sedekah tingkat tinggi macam ini. Dimana di era kapitalis orang sekarat saja masih bisa dijadikan lahan bisnis. Jangankan bicara GRATIS dengan menggunakan kartu BPJS saja sudah membuat beberapa oknum medis sinis.

Mbah Jum tinggal bersama 5 orang cucunya. Sebenarnya yang cucu kandung mbah Jum hanya satu, yaitu yang paling besar usia 20 tahun (laki-laki), yang selalu mengantar dan menemani mbah Jum berjualan tempe dipasar. 4 orang cucunya yang lain itu adalah anak-anak yatim piatu dari tetangganya yang dulu rumahnya kebakaran. Masing-masing mereka berumur 12 tahun (laki-laki), 10 tahun (laki-laki), 8 tahun (laki-laki) dan 7 tahun (perempuan).

Dikarenakan kondisinya yang tuna netra sejak lahir, membuat mbah Jum tidak bisa membaca dan menulis, namun ternyata ia hafal 30 juz Al-Quran. Subhanallah…!! Cucunya yang paling besar ternyata guru mengaji untuk anak-anak dikampung mereka. Ke-4 orang cucu-cucu angkatnya ternyata semuanya sudah qatam Al-Quran, bahkan 2 diantaranya sudah ada yang hafal 6 juz dan 2 juz.

“Kulo niki tiang kampong. Mboten saget ningali nopo-nopo ket bayi. Alhamdulillah kersane gusti Allah kulo diparingi berkah, saget apal Quran. Gusti Allah niku bener-bener adil kaleh kulo.” (saya ini orang kampong. Tidak bisa melihat apapun dari bayi. Alhamdulillah kehendak gusti Allah, saya diberi keberkahan, bisa hafal Al-Quran. Gusti Allah itu benar-benar adil sama saya).

Itu kata-kata terakhir mbah Jum, sebelum aku pamit pulang. Kupeluk erat dia, kuamati wajahnya. Kurasa saat itu bidadari surga iri melihat mbah Jum, karena kelak para bidadari itu akan menjadi pelayan bagi mbah Jum.

Matur nuwun mbah Jum, atas pelajaran sedekah tingkat tinggi 5 tahun yang lalu yang sudah simbah ajarkan pada saya di pelosok desa Yogyakarta.

SILAHKAN SHARE ATAU COPAS UNTUK KEBAIKAN DAN KEBAJIKAN…

@alun2 utara
.
.
Kisah diatas bukan lah kisah seorang Ulama ataupun Waliyullah. Hanya kisah seorang perempuan biasa yg mampu membuat iri seluruh penghuni Alam.

Facebook Comments

Hardskill dan Softskill

Hard skill – didapat dari pendidikan formal
– pekerjaan lulusan Sekolah dasar dan menengah, OB, delivery services personal, kasir, pramuniaga, pramusaji, dsbnya
– pekerjaan lulusan diploma
– pekerjaan lulusan sarjana dan sarjana terapan
– pekerjaan lulusan magister
– pekerjaan lulusan doktor

Soft skill – Sebagai besar diperoleh dari jalur non formal, mulai dari keluarga, pergaulan, organisasi, spiritual
– komunikasi yang baik, bisa berbicara luwes dengan orang baru dan bertutur kata yang baik
– kemampuan presentasi
– kemampuan kerja tim
– kemampuan negosiasi
– etika kerja
– kepemimpinan, dan
– manajemen waktu.

Facebook Comments

Gerd

Copas apik dr WA

GERD atau MAAG

🌱Apa itu Gerd?
(Gastroesofagal Refluks)

meninggal mendadak akibat Gerd

Yuk kita belajar…

Setidaknya baca dulu apa artinya supaya lebih aware sama Badan kita.
Enjoy your life.
Nikmati hidup dan bersyukur sebanyak-banyaknya.

🌳Akibat GERD

Mau tahu akibat dari Gerd?
Jika Asam Lambung itu naik kedaerah Dada maka kelak diseputar Dada akan terasa panas seperti terbakar.

Jika ia naik mengenai area Jantung maka ritme detak Jantung bisa terganggu sehingga Jantung bisa berdebar-debar kencang sehingga debarannya seperti Lonceng yang rasanya seperti mau copot saja.

Jika Asam Lambung itu naik kearea Paru-paru maka akan mengganggu fungsi Paru-paru sehingga kita akan menjadi sering sesak nafas.

Jika Asam Lambung itu naik kebagian THT (Tenggorokan, Hidung dan Telinga) maka Tenggorokan akan sering terjadi radang maka akan sulit menelan.
Jika Tenggorokan terjadi infeksi dan kemudian menyempit inilah yang membuat penderita akan merasakan bila tidur seperti dicekik Orang dan Tenggorokan senantiasa terasa ada yang mengganjal.

Lalu apa yang terjadi pada Hidung jika sering terkena Asam Lambung yang naik?
Hidung bisa mengalami Sinusitis.
Gejalanya seperti flu yang tak sembuh-sembuh sepanjang tahun.
Bayangkan…
Flu satu hari saja rasanya tak enak banget.
Bagaimana jika itu terjadi dalam sehari-hari selama sepanjang tahun?

Lalu bagaimana pula jika Asam Lambung merembes kebagian Telinga?
Orang yang terkena maag kronis yang kemudian berkembang menjadi Gerd sering kemudian pendengaran menjadi berkurang.
Bahkan bisa kehilangan pendengarannya sama sekali.
Sangat memprihatinkan ya?

Bukan hanya Tenggorokan, Hidung dan Telinga saja yang kemudian bisa terganggu.
Namun Mata pun bisa terkena dampak dari naiknya Asam Lambung kemana-mana.
Penglihatan Orang sakit Maag dan Gerd sering menjadi terganggu karena syaraf-syaraf Mata terganggu oleh Asam Lambung yang merembes ke Mata.
Sehingga menjadi kabur penglihatannya.

Bukan itu saja penderitaan Maag kronis dan Gerd.
Jika banyak organ menjadi terganggu fungsinya karena naiknya Asam Lambung maka penderitaan yang mereka alami sungguh sangat memprihatinkan.
Kecuali Lambung rasanya seperti disayat-sayat Pisau maka mereka juga akan sesak nafas dan Jantung ber

🌵Kesalahan-kesalahan Penderita Maag

Sakit Maag is a Silent Killer.

Si PEMBUNUH diam-diam dan Pencabut nyawa yang kita anggap enteng.

Saya juga mempunyai sakit Maag karena golongan Darah saya O yang tingkat keasamannya tinggi.
Penderita sakit Maag terbanyak adalah golongan Darah O.
Golongan Darah O umumnya tidak direkomendasikan untuk menjadi Vegetarian.

Salah satu kesalahan terbesar para penderita Maag adalah :

– Langsung Minum Obat Maag

Minum obat maagh supaya bisa makan adalah ❌ (salah).

Pada hal yang penting jangan makan dulu supaya Lambung bisa istirahat.

Ambil sejumput Garam, isap perlahan.
Dalam hitungan menit lambung akan terasa nyaman karena asam ternetralisir oleh sifat basa pada Garam.

– Tidak Paham

Banyak penderita Maag berpikir bahwa mereka tidak ingin tergantung pada Obat.
Mereka pikir Asam dalam Lambung akan hilang saat diberi makanan atau minuman manis atau akan hilang dengan berlalunya waktu.
Itu pemikiran yang KELIRU.

Asam lambung bersifat KOROSIF yang membantu proses cerna.
Tapi sangat merusak jika berlebihan.

SEGERA netralisir asam dengan menghisap Garam.
Lalu bikin larutan Garam yang hangat + tetesan Lemon/Jeruk Nipis.
Lemon rasa asem tapi sifatnya basa.
Rasa asem ditekan dengan asinnya Garam.

-Tidak Sadar Penyebabnya

Banyak penderita Maag berpikir bahwa sakit Maag itu dsebabkan karena :
– Telat Makan
– Minum Kopi
– Makan Asam
– Makan Pedas
– Makan Beras Ketan
– Makan Bersantan
– Dan lain-lain

BUKAN!!!

Penyebab utamanya bukan itu.
Telat makan, Kopi, Asam & Pedas, Ketan & Santan dan lain-lain itu hanya PENYEBAB SEKUNDER.

🍂Penyebab utama sakit maag yang paling banyak adalah justru :
– Setress
– Kurang gerak

Stress,
menduduki tempat paling utama penyebab Tukak Lambung.
Konsentrasi Asam Lambung meningkat beberapa kali lipat jauh lebih tinggi justru saat Stress dibanding saat telat makan.

Kurang Gerak,
Tubuh membuat gerak peristaltic pada Usus dan Lambung melemah sehingga Asam Lambung tidak terproses dengan baik dan menumpuk.
Misalnya habis makan langsung tidur-tiduran akan membuat Usus tidak mencerna dengan baik.
Akibatnya bisa memicu Asam Lambung keluar lebih banyak karena Lambung “berpikir” bahwa makanan tersebut kurang terlumat dengan baik pada proses-proses cerna sebelumnya.

Gerakan-gerakan dalam yoga harus dilakukan
Memperlama yoga akan memberi kesempatan isi Lambung dan Usus jadi bergerak dan lebih cepat tercampur rata dengan Enzim-enzim dalam Lambung dan Usus.

Untuk mencegah Maag kambuh Anda perlu menghindari faktor pencetus seperti diatas dan sebaiknya makan dalam porsi kecil namun lebih sering.

Bila keluhan Maag Anda disertai rasa terbakar dari Ulu Hati menjalar hingga Leher dan Pangkal Lidah, disertai Mulut terasa pahit, Gigi mudah berlubang, bau Mulut maka kemungkinan Anda mengalami Gerd (Gastroesofagal Refluks).
Yaitu bentuk Maag yang lebih berat karena terjadi aliran balik Asam Lambung dan menyebabkan iritasi sepanjang saluran pencernaan atas.

🌴Konsumsi Yang Keliru

Banyak mereka yang sakit Maag mengira bahwa konsumsi Sayur dan Buah bisa membantu mengurangi gejala sakit Maag.

SALAH BESAR.

Konsumsi Daging yang lebih banyak justru sangat membantu penderita sakit Maag.
Karena Daging lebih lama proses cernanya daripada Sayur atau Buah.
Sehingga Asam Lambung bekerja maximal menghancurkan Daging yang Anda makan.
Bukan menghancurkan Tubuh Anda.

☘Sakit MAAG karena Bakteri HELICOBACTERPYLORI

Ada salah satu penyebab sakit Maag yang disebabkan karena serangan Bakteri.
Jika parah hal ini perlu penanganan medis khusus.

Kalau tidak percaya coba test sendiri.
Tidak usah sikat gigi sebelum tidur.
Maka besoknya jika sakit Maag anda kambuh maka kemungkinan sakit Maag anda disebabkan oleh Bakteri Helicobacterpylori yang sebenarnya Bakteri yang penting juga untuk proses cerna dan umumnya bersarang di Mulut.
Tapi jika berlebih karena tidak sikat gigi dan kemudian tertelan hingga ke Lambung maka akan menyebabkan Tukak Lambung.

Kalau yang jenis ini obatnya gampang.
Rajin-rajinah sikat gigi sebelum tidur.
Bangun tidur dan setelah makan.

🌿Oh iya…
Sakit Maag itu TIDAK BISA SEMBUH SEUMUR HIDUP.
Karena sebenarnya itu bukan penyakit.
Tapi sudah mekanisme alami Tubuh.
Seperti Anda makan trus diproses dan dibuang oleh Anus ke jamban.
Kebelet beol itu natural.
Demikian pula Asam Lambung itu wajar.
Bahkan berperan penting bagi proses cerna.

Karena itu…
Biasanya sesekali tetap akan muncul Tukak Lambung tersebut.
Yang penting adalah menjaganya untuk tidak berlebih dan menyebabkan sakit dan komplikasi yang lebih parah.

Asam Lambung itu normal dan penting bagi proses cerna dalam Tubuh.

Tapi jika berlebih dan tidak dikelola dengan baik bisa melumpuhkan.

Semoga bermanfaat

Facebook Comments

Fabrikasi logam

Kalau berbicara tentang fabrikasi, artinya bagaimana mengubah bahan baku menjadi suatu produk jadi atau setengah jadi. Bahan baku sheet metal diubah menjadi air duct, cable tray, dsbnya. Bahan baku plat diubah menjadi dish head, shell pada shell and tube he, cyclone pada dust trap, dsbnya. Bahan baku pipa menjadi spool pipa, tiang lampu, coloum, dsbnya.

Secara umum, dengan asumsi elemen pendukung operasional fabrikasi seperti sdm, raw material, mesin dan perkakas, workshop, pesawat angkat, material konsumable(kawat las, asetilen, oksigen, argon), maka fabrikasi dapat dilaksanakan mencakup tahap2 berikut:

1. Membuat shop-drawing (fabrication drawing) berdasarkan for-construction-drawing. Di acc -kan ke owner-product.

2.Pembentukan. Proses ini melibatkan proses pemotongan, bending, rolling, drilling, machining, forging, dsbnya.

3.Perakitan. pada tahap ini banyak melibatkan proses penyambungan baik secara metalurgi, mekanik atau kimia. Ketika dilakukan penyambungan secara matalurgi, kadang -kadang diperlukan proses tambahan seperti pre dan post weld heat treatment.

4.Finishing. pada proses ini dilaku coating untuk mengontrol deteriorasi material dan untuk tujuan estetik.
5.Commissioning product
6. Laporan akhir dan as build drawing
7. After sales services (garansi)

Facebook Comments