PPNS – Teori Bangunan Kapal (Tugas)

Untuk menunjang proses belajar mata kuliah Teori Bangunan Kapal (Tugas), mahasiswa diharapkan mengetahui terlebih dahulu pokok bahasan tentang Kapal, diantaranya ukuran kapal. Data utama ukuran kapal sebagai berikut:

Gambar 1: Penampang memanjang kapal (untuk mengetahui deskripsi data ukuran panjang kapal)

A. Panjang Kapal.

Definisi panjang kapal dalam pembuatan gambar rencana garis dikenal ada beberapa istilah yang meliputi :

  • LBP : Length Between Perpendiculars atau yang lbih sering dikenal dalam dunia kapal LPP, yaitu

Panjang kapal yang diukur dari garis tegak yang ditarik dari sumbu poros kemudi (Ap) sampai dengan garis tegak yang ditarik dari perpotongan antara garis air sarat muatan penuh dengan linggi haluan kapal (Fp).

  • LWL : Length of Water Line, yaitu

Panjang kapal yang diukur dari garis tegak yang ditarik dari perpotongan antara garis air sarat muatan penuh dengan linggi buritan kapal sampai dengan garis tegak yang ditarik dari perpotongan antara garis air sarat muatan penuh dengan linggi haluan kapal (Fp) atau merupakan panjang garis air pada sarat muatan penuh.

  • LOA : Length Over All, yaitu

Panjang kapal yang diukur dari garis tegak yang ditarik dari bagian badan kapal yang paling belakang sampai dengan bagian badan kapal yang paling depan atau merupakan panjang keseluruhan badan kapal.

B. Lebar Kapal (B).

Definisi lebar kapal dalam pembuatan gambar rencana garis dikenal dengan istilah Breadth moulded yaitu Lebar kapal yang diukur pada sisi dalam plat di tengah kapal (Amidship).

 

Gambar 2 Penampang melintang Kapal (untuk mengetahui deskripsi Lebar Kapal, Tinggi Kapal, Tinggi Sarat Kapal)

C. Tinggi Kapal (H).

Definisi tinggi kapal dalam pembuatan gambar rencana garis dikenal dengan istilah depth moulded (tinggi moulded) yaitu tinggi kapal yang diukur dari garis dasar (base line) sampai dengan sisi geladak kapal pada bagian tengah kapal (bisa dilihat pada gambar 2).

 

D. Sarat Kapal (T).

Definisi sarat kapal dalam pembuatan gambar rencana garis adalah garis tegak yang diukur dari garis dasar (base line) sampai dengan tinggi garis air. Untuk sarat maksimumĀ  berarti jarak tegak dari garis dasar sampai dengan tinggi air muatan penuh pada bagian tengah kapal (dapat dilihat pada gambar 2).

E. Kecepatan Dinas (rata-rata) kapal (Vd).

Definisi kecepatan kapal adalah jarak yang ditempuh kapal (mill) untuk setiap jam pelayaran (mill / jam = knots). Beberapa istilah kecepatan yang dipakai dalam bidang kapal meliputi :

  • Vd : Kecepatan dinas, yaitu

Jarak rata-rata yang ditempuh olah kapal untuk setiam satu jam pelayaran.

  • Vmax : Kecepatan maksimum, yaitu

Kecepatan terbesar yang mampu dicapai oleh kapal untuk daya mesin yang tersedia.

  • Vek : Kecepatan ekonomis, yaitu

Besarnya kecepatan tertentu dimana pada kecepatan tersebut, pemakaian bahan bakar adalah yang paling optimum/ekonomis.

 

Untuk lebih jelas terkait dasar (pengantar) tugas Teori Bangunan Kapal, materi dapat dilihat pada link berikut:

 

Download PPT

PPNS – Materi 1. TEORI BANGUNAN KAPAL (Tugas)