Bismillah …Starting a Day

Saya selalu merasa bahwa yang menggairahkan hidup dan mampu membuat kita mewujudkan apa yang kita inginkan adalah mempunyai target yang jelas dan takaran waktu kapan kita akan mencapainya.

Lingkungan masyarakat acapkali menciptakan opini yang membuat kita takut untuk mencoba sesuatu. Suasana yang diciptakan terasa sulit ini walaupun tidak jelas sumbernya, terkadang menurunkan daya juang kita dalam meraih kesuksesan.

Jadi…pahami ‘dashboard’ anda

Ketika anda sedang menyetir, anda akan selalu mencari informasi mengenai berapa kecepatan kendaraan melaju, berapa rpm, tinggal berapa bahan bakar yang tersisa, dsb. Semua informasi tersebut dapat anda peroleh di dashboard kendaraan anda. Ini adalah gambaran tentang bagaimana kita harus mampu membaca situasi di luar dengan baik, termasuk kecenderungan yang berlangsung saat ini dan juga saat yang akan datang, namun di sisi lain kita juga dituntut untuk mampu membaca kondisi dan potensi yang akan kita miliki saat menjalani kondisi tesebut.

‘You are the master of yourself’. Kamu sangat tahu bagaimana membawa dan menempatkan dirimu agar tujuan anda tercapai dengan baik dan selamat. Anda sangat tahu kapan melaju atau kapan harus perlahan, bahkan berhenti menunggu, semua terukur. Anda boleh mengatakan tidak cakap berhitung sampai sedetail itu, tapi jangan lupa anda punya naluri. Gunakan kata hatimu untuk memutuskannya, kapan anda harus berani bergerak dan bertindak, sambil memperhatikan kondisi dan potensi diri anda dengan analisis yang baik.

Ketika anda menempatkan diri anda sebagai dashboard perjalanan dan perjuangan kehidupan anda, berarti anda menjadi orang yang tahu bagaimana berperilaku dan bersikap, dalam situasi apapun, dalam peran sebagai apapun, dalam jenjang karir apapun.

Dikutip dari ‘Catatan dan Pesan Blackberry Professor’ (Joni Hermana, 2012)

 

 

Facebook Comments