PROPOSAL HIDUP

Pembaca yang budiman, Allah SWT telah memberikan nikmat yang tak terhitung jumlahnya. salah satu nikmat tersebut adalah bisa menghirup udara segar di dunia ini. Ya betul, nikmat hidup. Kehidupan yang kita rasakan ketika pertama kali lahir sampai sekarang. Hal yang wajib kita kerjakan adalah mensyukuri atas pemberian nikmat tersebut. Mensyukuri bukan hanya berarti mentraktir makan bersama teman-teman, bukan…itu terlalu sempit. Definisi mensyukuri lebih tepatnya adalah berterimakasih kepada Allah atas nikmat hidup ini dan menjalankan segala sesuatu yang disenangi oleh Allah supaya nikmat itu terus bertambah. Yang penting adalah kita selalu berdoa dan berusaha karena keduanya adalah pistol lengkap. “”Doa adalah pistolnya dan usaha adalah pelurunya””.

Hidup ini harus memiliki tujuan yang mulia untuk menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Setiap orang yang tidak memiliki tujuan hidup ibarat orang yang tersesat di hutan…bingung tanpa arah yang jelas….harus butuh kompas, harus butuh petunjuk yang jelas. Keinginan kita untuk hidup mulia harus diniati dari dulu / minimal sekarang.

Kita memiliki Allah Tuhan maha kuasa atas segala sesuatu, segala keinginan seharusnya kita curhatkan dulu kepada-Nya. Kata Ustad kondang, Allah dulu Allah lagi Allah terus. Oleh karena itu kita buat sebuah proposal hidup yang akan kita bawa kepada Allah setiap selesai solat/waktu mustajabah. Harapan kita sebagai hamba, proposal yang kita berikan dapat di terima dan dikabulkan Allah dalam bentuk yang kita inginkan atau dalam bentuk lain yang lebih baik.

Bismillah..
Saya membuat sebuah proposal sejak tahun 2014 dulu dan Alhamdulillah cita-cita yang saya tuangkan dalam proposal tersebut sedikit demi sedikit dapat terwujud.

Format proposal bebas, sesuai keinginan masing-masing. Saya contohkan proposal hidup saya yang terdiri dari Judul, motto hidup, abstrak, latar belakang, tujuan, biodata saya, keluarga, kekurangan, kelebihan, prestasi, cita-cita/doa, penutup. Namun pada kesempatan kali ini saya contohkan proposal hidup saya dari judul sampai tujuan…..selebihnya pembaca yang budiman sendiri yang meneruskan sesuai pribadi masing-masing..

 

images

PROPOSAL HIDUP

“Ya ALLAH aku memohon kepada-MU kabulkanlah Do’aku”

Ditujukan kepada Allah SWT sebagai syarat lulus hidup mulia

Disusun oleh : Ii Munadhif

Manusia yang ingin selalu Kau bimbing disetiap langkah hidupku

Bahagia dunia akhirat

Amiin

A. MOTTO HIDUP

“Setia Jujur Taqwa Wetenge disat Pikirane ditus”

B. ABSTRAK

Proposal hidup adalah sekumpulan cita-cita yang sangat mulia yang ingin dicapai oleh Ii Munadhif. Proposal ini saya ajukan kepada Allah pemilik segala kehidupan atas cita-cita yang ingin saya capai, semua yang ada di dunia ini milik-Mu sehingga tak pantas meminta selain kepada-Mu. Proposal ini berisi tentang pribadi saya, hal-hal yang pernah saya peroleh, cita-cita, doa dan harapan secara spesifik agar memotivasi diri untuk terus bergerak maju dan berharap hari ini harus lebih baik dari kemarin. Semuanya akan ku tuliskan InsyaAllah. semoga Allah memberikan yang terbaik untukku dan selalu mengarahkanku ke jalan kebenaran dan menjauhkan dari keburukan. Amiin ya robbal alamin.

C. LATAR BELAKANG
Bismillahirrohmanirrohim
Segala puji bagi-Mu Ya Allah atas limpahan rahmat dan hidayah-Mu sehingga saya masih diberi kesempatan untuk menjalani kehidupan dengan penuh semangat. Amin. Sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW yang saya nanti-nantikan syafaatnya diakherat kelak.
Banyaknya cita-cita yang ingin saya capai sehingga saya tuangkan dalam bentuk tulisan agar mampu memberikan magnet bagi saya untuk terus bergerak maju. Kadang diri ini terlalu santai dalam bergerak bahkan menyepelekan hal-hal kecil dan hal-hal yang seharusnya bisa dikerjakan sekarang malah saya tunda. Sekarang saya sudah dewasa umur 25 tahun, tak pantas dianggap oleh orang lain masih seperti anak-anak. Segala yang terjadi pada diri saya karena kehendak Allah. Saya menjadi begini karena saya melakukan ini dan seterusnya, jadi tak pantas juga saya menyalahkan orang lain. Allah berfirman dalam Al-Qur’an bahwa intinya manusia mendapatkan dari apa yang diusahakannya. Baik usaha manusia itu secara lahir maupun batin. Kebanyakan manusia menempuh cara lahirnya saja, pada kesempatan ini saya akan menuangkan usaha baik secara lahir maupun batin. Semoga Allah membimbing saya kejalan yang lurus, Amin.

 D. TUJUAN
Ingin hidup mulia dunia akhirat
Bermanfaat bagi semua makhuk-Mu Allah

Semoga bermanfaat………..amin ya robbal alamiin.

Facebook Comments

Biodata

Assalamualaikum,

Segala puji bagi Allah SWT atas limpahan rahmat-Nya sehingga kita masih diberi keimanan, umur panjang, kesehatan, ketenangan dan kebahagiaan.

Melalui tulisan ini saya perkenalkan diri kepada pembaca yang budiman

DATA PRIBADI
Nama                                : Ii Munadhif
Tempat/Tanggal Lahir    : Ngawi/ 10 juli 1991
Alamat Surabaya             : Kejawan Putih Tambak II/11
Alamat Orang Tua           : RT.04 RW.04 No.38 dusun Genggong ds Jogorogo Kec. Jogorogo Kab. Ngawi
Jenis Kelamin                   : Laki-laki
Agama                               : Islam
Email                                : iimunadhif.its@gmail.com
PENDIDIKAN FORMAL
Pendidikan Tahun Tempat Pendidikan Jurusan
S2 2013 – 2015 ITS Surabaya Teknik Fisika
D4 2009 – 2013 Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya Teknik Otomasi
 SMA  2006-2009  SMAN 1 Ngawi IPA

imun (2)
foto ini saya abadikan ketika lulus D4.

demikian sedikit informasi yang saya berikan.
Terimakasih.

Facebook Comments