Filososofi Statistika

Sesaat setelah Obuchi terpilih menjadi Perdana Menteri Jepang. Ada sebuah Polling yang dikeluarkan oleh TV lokal, dan menunjukkan bahwa 70% masyarakat tidak mempercayai Obuchi.

Bagi Obuchi, angka 70% itu amat merisaukan, itu seperti 70% masyarakat Jepang berdiri didepan gedung pemerintahan menggelar demonstrasi Anti Obuchi. Itulah yang dinamakan kekuatan data, angka tersebut memang bukan suara seluruh penduduk Jepang, tapi angka-angka tersebut adalah hasil sampling yang menggambarkan suara dari populasi, dan mampu memberikan pengaruh besar air jordan retro com.

Dalam sebuah buku Berjudul Metodologi Polling karangan Benyamin S, ada banyak filosofi menarik dalam ilmu Statistika. Ilmu Statistika mengenal istilah sampel dalam melakukan penelitian. Sampel sudah dianggap merepresentasikan dari populasi shop new balance.

Dalam buku tersebut ada sebuah ungkapan “Kau tak perlu memakan sepotong sapi, untuk mengatakan bahwa daging itu rasanya enak”, maksud dari ungkapan ini menjelaskan bahwa kita cukup mencicipi bagian daging saja untuk bisa mengatakan bahwa daging itu rasanya enak. Konsep inilah yang dinamakan sampel dan populasi, populasi diibaratkan sebagai sepotong daging dan sampel adalah bagian daging yang kita cicipi. Dalam hal ini bagian daging tersebut sudah homogen, sehingga kita mengambil bagian manapun rasanya akan tetap sama cheap jordans shoes for sale online.

Gambar

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *