Klinik Softskill

Tujuan dari pendidikan adalah membentuk manusia seutuhnya. Seutuhnya disini mengandung arti pendidikan dapat membentuk pola perilaku, pemikiran, dan wawasan. Namun seringkali kehidupan kampus belum mampu secara optimal untuk membentuk perilaku dan pemikiran yang kemudian saya sebut sebagai softskill. Khususnya pada jenjang pendidikan vokasi seperti Politeknik, dimana desain kurikulum memberikan perhatian lebih besar pada aspek praktik sehingga banyak waktu mahasiswa dihabiskan setiap harinya didalam kelas, laboratorium, dan bengkel.

Dengan semakin berkembangnya tatanan global, isu-isu terkini salah satunya mengenai Globalisasi, Softskill akan menjadi senjata yang ampuh untuk bertahan dan berkompetisi. Memang dari desain pendidikan vokasional seperti Politeknik memastikan lulusannya mempunyai keterampilan (Skill) yang teruji dengan banyak mekanisme pengakuan seperti uji sertifikasi keahlian serta program magang industri yang benar-benar tuntas. Namun apakah itu cukup?

          Perlu ada dorongan yang lebih besar untuk mahasiswa vokasi khususnya agar mereka mampu melengkapi peralatan “perang” yang akan sangat berguna nantinya ketika terjun ke medan perang dunia kerja. Namun kembali lagi kita melihat tentang desain kurikulum yang sudah ada. Memang tidak mungkin dipaksakan untuk memasukkan muatan muatan pendidikan Softskill dalam kurikulum, namun apakah ada solusi? tentu saja ada!

          Mahasiswa dipandang sebagai manusia yang berdiri pada zona transisi, antara dunia pendidikan dan dunia masyarakat. Proses terakhir untuk menjadi manusia bermasyarakat didapatkan ketika status mahasiswa masih tersemat pada diri pribadi mereka. Mahasiswa selayaknya dipandang sebagai pribadi yang sudah dapat memutuskan baik-buruk, dan memutuskan jalan yang akan dipilih kedepan. Perlu ada semacam pencerdasan kepada mereka untuk memberikan gambaran dunia kerja nantinya yang akan mereka hadapi. Perlu ada pencerdasan untuk memberikan wawasan bahwa Softskill itu adalah sebuah kebutuhan yang urgent untuk mereka.

Saya berdiri dan memposisikan diri sebagai partner Anda (mahasiswa) untuk memberikan pendampingan diluar kelas yang terkait dengan aspek pengembangan softskill. Silahkan datang dan menghubungi Saya. InsyaAllah Saya akan semangat dan senang sekali dapat membantu Anda, pribadi-pribadi yang selalu ingin berkembang.

Anda ceritakan permasalahan yang dialami terkait softskill, kita diskusi dan pecahkan bersama masalahnya. Saya sediakan waktu khusus untuk Anda dengan menghubungi melalui :

Email : ra.atmoko@ppns.ac.id
FB  : facebook.com/andriatmoko
Whatsapp : 085791924555
Diskusi : temui di Ruang S102 Gedung Teleconference PPNS lt.1 (lihat jadwal mengajar disini)

Atau Anda sampaikan melalui halaman ini dengan reply post di kolom bawah ini.

RAA-2015

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *