Sejarah Internet (Ekonomi Digital)

Sejarah Internet Perlu diketahui sebagai dasar dalam berpikir bagaimana memahami cara kerja Internet. Internet ditemukan pertama kali pada tahun 1960 an yang merupakan proyek dari Departemen Pertahanan Amerika. Proyek itu beranama ARPA (Advanced Research Project Agency Network) . Perlu diketahui saat itu didunia ada dua kekuatan besar yang saling bersaing yaitu Uni Soviet dan Amerika Serikat. Persaingan kedua negara besar tersebut salah satunya terjadi pada bidang ilmu pengetahuan dan penguasaan teknologi. Setelah Uni Soviet berhasil meluncurkan wahana ruang angkasa Sputnix, Amerika seperti kebakaran jenggot sehingga memerintahkan Departemen Pertahanan Amerika untuk bergegas membuat dan menemukan teknologi baru. Beberapa teknologi lahir pada tahun tahun itu seperti mesin ATM (Automatic Teller Machine) , Cellular Phone, Personal Computer , dan salah satunya Internet. Perlu diketahui pada tahun itu telah berkembang jaringan kabel kawat yang membentang antar benua (jaringan bawah laut) sehingga di kota-kota besar di Amerika hingga ke Eropa telah banyak ditemukan instalasi tiang-tiang kabel kawat yang cukup rumit dan semrawut. Kabel-kabel itu telah lebih dulu digunakan untuk komunikasi melalui telephone dan telegram. Jadi kelahiran internet itu dapat dipahami bahwa Internet lahir dan berkembang menumpang pada jaringan kabel telephone dan telegram yang lebih dahulu ada.

ARPANET adalah sebutan Internet pertama kali saat dikembangkan dimana pada tahun pertama hanya ada 3 host (komputer) yang saling berhubungan yaitu Universitas California, Universitas Standford, dan Universitas Utah. Jarak antara Universitas California ke Universitas Standford adalah 50 kilometer dan Jarak Antara Universitas California dan Universitas Utah sejauh 1000 kilometer. Jadi dapat dibayangkan saat itu komputer sudah dapat saling terhubung sejauh Anyer ke Panarukan (Jalur Pantura) yang kurang lebih mempunyai jarak yang sama 1000 kilometer.

Tahun 1971 komputer yang terhubung ke jaringan ARPANET telah mencapai 23 komputer yang terdiri dari komputer milik lembaga pemerintahan Amerika dan Universitas di Amerika. Pada tahun 1973 Internet telah tehubung ke belahan dunia lain yaitu Eropa, tepatnya di University of College London Inggris dan Royal Radar Establishment Norwegia. Tahun 1977 telah ada 111 komputer terhubung, tahun 1980 ada 213 komputer terhubung, 1982 telah mencapai 1000 komputer terhubung, dan pada tahun 1984 telah ditemukan Doman Name System (DNS). DNS ini yang kemudian berkembang hingga sekarang dan sangat membantu menyederhanakan alamat IP Address komputer yang saling terhubung di Internet. Tahun 1987 telah ada 10.000 komputer terhubung, tahun 1988 program IRC (Internet Relay Chat) ditemukan, tahun 1989 sudah mencapai 100.000 komputer.  Pada tahun 1990 Berners Lee menemukan Browser yang kemudian menjadi awal mula internet berkembang pesat hingga sekarang. Pada tahun 1994 telah ada 3000 alamat web diamana mulai muncul virtual shopping pertama kali, kelahiran Yahoo, dan munculnya browser yang populer saat itu Netscape Navigator. Di Indonesia, Internet baru masuk pada tahun 1994 dimana tokoh-tokoh yang berjasa saat itu masih banyak memberikan kontribusi hingga saat ini seperti Onno W Purbo.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *