NodeJS Masa Depan Teknologi IoT (Internet of Things)

NodeJS dibangun menggunakan bahasa pemrograman Javascript, yang merupakan bahasa pemrograman yang lengkap hanya saja selama ini di pakai sebagai bahasa untuk pengembangan aplikasi web yang berjalan pada sisi client atau browser saja. Namun sejak ditemukannya Node.js oleh Ryan Dhal pada tahun 2009, Javascript bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman di sisi server sekelas dengan PHP, ASP, C#, Ruby dll sehingga Javascript yang dulu dipahami sebgai bahasa pemrograman yang berjalan di sisi client (client server) kini dapat dijalankan di sisi server.

Untuk mengeksekusi Javascript sebagai bahasa server diperlukan engine yang cepat dan mempunyai perform yang bagus. Engine Javascript dari Google bernama V8 yang dipakai oleh Node.js yang merupakan engine yang sama yang dipakai oleh browser Google Chrome. NodeJS sudah banyak digunakan website besar dan terkenal seperti dibawah ini. NodeJS dipilih karena kemampuannya untuk membuat aplikasi web lebih cepat dan ringan.

www.myspace.com

myspace

www.yummly.com

yummly

www.shutterstock.com

shutterstock

www.klout.com

klout

www.geekli.st

geeklist

www.learnboost.com

learnboost

Satu hal lagi kemampuan NodeJS untuk bidang sistem pengendalian (control system), dengan NodeJS kita dapat membuat aplikasi komunikasi dengan hardware layaknya program dekstop yang biasa digunakan untuk interfacing. Dengan memanfaatkan modul tambahan dari NodeJS yang biasa disebut sebagai NPM Module.

Beragam hardware seperti Arduino, Raspberry, Beaglebone, Intel Galileo, dll dapat digunakan untuk aplikasi interfacing dengan NodeJS. Dengan kemampuan utama dapat membuat aplikasi realtime, maka NodeJS saat ini banyak digunakan dalam membangun aplikasi pengendalian jarak jauh berbasis web dan mobile. Dulu, sebelum ada NodeJS kita berpikir bahwa interfacing hardware hanya dapat dilakukan oleh aplikasi-aplikasi berbasis dekstop seperti Visual Basic dan Delphi, jika ingin diinterface-kan dengan web kita harus mengakali dahulu data yang diterima dari hardware yang masuk ke program dekstop baru dilempar ke aplikasi web. ribet 😀

NodeJS memberikan masa depan web programming yang lebih baik, seiring dengan berkembangnya Internet of Things (IOT), NodeJS akan menjadi raja untuk aplikasi-aplikasi berbasis IOT.

Dengan menanamkan NodeJS server pada miniPC yang banyak beredar di pasaran seperti Raspberry PI maka banyak produk robotika yang dapat kita hasilkan dengan NodeJS. berikut adalah salah satu video yang menunjukkan kolaborasi NodeJS dengan Raspberry PI.

Facebook Comments

Comments 2

  • Terimakasih informasinya pak, saya jadi lebih tau mengenai peluang dan masa depan bahasa Javascript karena adanya framework Node.js ini. Sebelumnya perkenalkan nama saya Rizky Susanto dari kampus PPNS jurusan PE. saya semester ini sedang menempuh tugas akhir saya yang juga sedang membahas tentang IoT. Salam kenal pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *