Build File Menggunakan Adobe Phonegap Build (Seri Membangun Aplikasi Mobile dengan HTML & Javascript – Bagian 2)

Untuk membangun (build) aplikasi ke bentuk *.apk salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan bantuan tools dari adobe yang bernama adobe build. Pertama kali lakukan pendaftaran member adobe pada website http://build.phonegap.com .Klik menu sign up.

adobebuildphonegap1

Jika telah mempunyai akun di adobe dapat melakukan login sebagai berikut :

adobebuild2

Setelah masuk pada halaman aplikasi, kita perlu memilih aplikasi yang akan dibangun (build). File yang dipilih harus berbentuk *.zip. Pada bagian selanjutnya akan dibahas cara mengkompress file aplikasi phonegap ke bentuk *.zip.

adobebuild3

Setelah proses upload, adobe build akan mengeksport aplikasi ke bentuk file *.apk. Selain mengekspor aplikasi berbasis android, adobe build juga mengekspor file aplikasi kita ke bentuk file installer Windows phone dan IOS phone.

adobebuild4

Setelah proses konversi berhasil (terlihat seperti gambar diatas), aplikasi siap didownload dengan cara klik pada bagian tombol apk. Dapat juga dengan cara scan barcode di pojok kanan atas. Barcode tersebut berisikan link download file *.apk yang selanjutnya dapat kita install di smartphone android kita. Namun untuk keperluan building, cara tersebut kurang efektif karena setiap kali ada perubahan kode kita harus mendownload dengan scan barcode. Adobe Build memberikan fasilitas sinkronisasi untuk memberikan kemudahan bagi pengembang aplikasi. Setiap kali ada perubahan file maka aplikasi yang telah kita install di smarthpone dapat secara otomatis mendeteksi dan mendownload jika ditemukan update aplikasi terbaru. Caranya adalah dengan mengaktifkan fitur Hydration pada aplikasi adobe build. Klik menu setting dan centang (enable) tombol Hydration. Maka secara otomatis jika kita telah menginstal aplikasi phonegap kita di smartphone, ketika ditemukan update terbaru maka secara otomatis aplikasi memberikan peringatan untuk update.

adobebuild5

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *