Gelombang Laut (Wind Wave)

http://www.rsmas.miami.edu/blog/wp-content/uploads/2012/10/waves__01.jpg
http://www.rsmas.miami.edu/blog/wp-content/uploads/2012/10/waves__01.jpg

Permukaan laut dapat dipandang sebgai suatu bidang yang kompleks dengan pola yang selalu berubah arah (tidak stabil) (Garrison, 1993). Gross (1993) mendefinisikan gelombang sebgai gangguan yang terjadi di permukaan air.

Massa dari air permukaan ini selalu bergerak yang ditimbulkan dari kekuatan angin yang bertiup diatas permukaan air sehingga menghasilkan energi gelombang dan arus. Bentuk gelombang yang dihasilkan tidak menentu. Gelombang mempunyai ukuran yang beragam mulai dari riak dengan ketinggian beberapa meter hingga dapat mencapai 30 meter. Gelombang ditimbulkan oleh angin yang disebut sebagai wind wave. Selain itu gelombang juga dapat disebabkan oleh gempa bumi, letusan gunung berapi dan longsor bawah air yang menghasilkan Tsunami.

Elemen dari sebuah gelombang dapat dibagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut :

1. Puncak Gelombang (Crest) adalah titik tertinggi dari sebuah gelombang.

2. Lembah Gelombang (Trough) adalah titik terendah dari sebuah gelombang.

3. Panjang Gelombang (Wave Length) adalah jarak antara dua puncak gelombang atau jarak antara dua lembah gelombang.

4. Tinggi gelombang (Wave Height) adalah jarak tegak antgara puncak dan lembag gelombang.

5. Periode gelombang (Wave Periode) adalah waktu yang diperlukan oleh dua puncak gelombang yang berurutan untuk melalu satu titik.

Antara panjang dan tinggi gelombang tidak satu hubungan yang pasti namun gelombang mempunyai jarak antar dua puncak gelombang yang makin jauh akan memiliki kemungkinan mencapai gelombang yang semakin tinggi (Nontji, 1987). Gelombang dapat diklasifikasikan berdasarkan periodenya sebagai berikut (Pond and Pickard, 1983) :

Tabel 1.  Klasifikasi gelombang berdasarkan periode

Periode Panjang Gelombang Jenis Gelombang
0 – 0,2 Detik0,2 – 0,9 Detik Beberapa centimeterMencapai 130 meter Riak (Riplles)Gelombang angin
0,9 -15 Detik Beberapa ratus meter Gelombang besar (Swell)
15 – 30 Detik0,5 menit – 1 jam Ribuan meterRibuan kilometer Long SwellGelombang dengan periode yang panjang (termasuk Tsunami)
5, 12, 25 jam Beberapa kilometer Pasang surut

Gelombang Laut yang disebabkan oleh angin (Wind Wave) mempunyai bentuk gelombang yang tidak menentu dan tergantung pada beberapa sifat gelombang periode dan tinggi dimana gelombang tersebut dibentuk. Gelombang seperti ini disebut Sea. Gelombang yang lain yang disebabkan oleh angin disebut Swell yaitu gelombang bergerak dengan jarak yang sangat jauh sehingga semakin jauh meninggalkan daerah pembangkitannya. Gelombang ini lebih teratur dan jarak yang ditempuh selama pergerakannya dapat mencapai ribuan mil.

Tinggi gelombang rata-rata yang dihasilkan oleh angin merupakan fungsi dari kecepatan angin, waktu dimana angin bertiup, dan jarak dimana angin bertiup tanpa rintangan. Semakin kencang angin bertiup maka akan semakin besar gelombang yang terbentuk dan pergerakan gelombang mempunyai kecepatan yang tinggi sesuai dengan panjang gelombang yang besar.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *