Profile

Assalamualaikum Wr.Wb

Nama : Agung Prasetyo Utomo, S.Pd., MT

Tempat Tanggal Lahir : Situbondo,  Oktober 1988

NIP : 198810142019031006

Email : aguungprasetyo@ppns.ac.id

HP : 082333251487

Bidang Keahlian : Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal

Facebook Comments

Fatigue Analysis

Fatigue Analysis 

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong manusia menciptakan inovasi dan banyak melakukan studi baik penelitian, ekperimen maupunpendekatan numerik dalam hal mencari jawaban dari permasalahan yang selama ini terjadi, begitu juga pada perkembangan industri.

Material yang digunakan menjadi hal yang utama dalam melakukan desain agar aman dan tidak mengalami kelelahan serta kegagalan. Kelelahan pada material dapat didefinisikan sebagai patahnya material setelah mengalami pembebanan berulang dalam sejumlah siklus dengan mengalami beberapa tahapan diantaranya :

 

a. retak awal (crack initiation),

b. perambatan retak (crack propagation) dan

c. patah akhir secara cepat (final fracture).

Retakan ini dapat tumbuh seiring dengan perubahan waktu karena berbagai macam sebab seperti fatigue, creep dan tegangan kritis (Cahyono, 2004).

Pada struktur yang dikenai pembebanan maka distribusi tegangan disekitar ujung retak (crack) sangat ditentukan oleh suatu parameter yang disebut Stress Intensity Factor (SIF), dimana syarat kepatahan (fracture) akan terjadi bila intensitas tegangan yang bekerja pada suatu area mencapai intensitas tegangan kritis.

PPNS_Fatigue Mechanisms1

Facebook Comments